Ruang Penyimpanan Hampir Habis ? Lakukan hal ini!

Cara Mengatasi Penyimpanan Penuh pada Android (Storage Space Running Out!)

 - Bosen banget deh, bahkan saya jengkel sama notifikasi pemberitahuan penyimpanan internal penuh dan hampir habis, padahal aplikasi sedikit. Sobat rifkadroid pernah alami hal serupa gak sih ? terutama pada device china seperti xiaomi dengan internal yang besar. Sudah berusaha dihapus menggunakan pembersih sampah tetap saja penuh, sampai semua sudah dihapus juga masih saja penuh, menjengkelkan banget yah sobat.

Nah, dari kejengkelan tersebut, akhirnya rifka mau bahas masalah yang sering sobat android temukan, memori internal pada sebuah hp android tidak dapat ditambah atau dikurangi loh. Nah kalo gak ada memori eksternal seperti kartuSD yang terpasang pada android maka otomatis, android hanya akan mengenali internal sebagai memori utama. Pada memori utama/internal ini semua aktivitas akan disimpan disini, seperti Foto, Vidio, File Dokumen, Bahkan data aplikasi sampai Log tersimpan disana. Makadari itu dibutuhkannya eksternal memori, memori sekondari ini adalah memori tambahan yang dapat kalian tambahkan pada hp android, walaupun ada beberapa device seperti xiaomi yang membatasi pemasangan kartuSD. Memori eksternal ini dibutuhkan untuk menyimpan/membackup file,foto maupun video kalian dengan ukuran yang dapat diupgrade, tentunya kalian leluasa untuk menyimpan file bukan ? Saat ini sudah banyak MicroSD dengan kapasitas besar, dari 2GB, 16GB, 64GB bahkan 128GB pun ada. Tentunya dengan besarnya memori ekternal, maka besar harapan kita untuk menyimpan banyak file didalamnya.

Storage Space Running Out!

Pada masalah memori internal penuh juga sering dibingunkan dengan kapasitas yang dimiliki loh, seperti memori internal 16 GB, tapi yang terbaca hanya 10 GB ?, nah biasanya sih sisa dari itu adalah system android. Jadi jangan heran kemana perginya 6 GB tersebut yah. dalam sisa memori tersebut, didalam system karena membutuhkan cache memori pada android, dan berbagai catatan aktifitas (log). Apa itu cache ? penah mendownload file ? Dalam mendownload file yang belum selesai, file tersebut berbentuk cache, jadi sisa yang belum terdownload belum akan dikenali android. Gitu sob. Langsung saja yuk simak bagaimana cara mengatasi internal storage penuh padahal aplikasi sedikit.

Berikut Adalah Beberapa Cara Mengatasi Masalah Internal Penuh Pada Android

  1. Pindahkan pengaturan penyimpanan memori utama (Internal) ke memori sekondari (Eksternal/MicroSD).
    Terlihat mudah, tapi cara tersebut sebenarnya banyak yang menyepelekan. Bahkan sampai tidak tau bahwa ada pengaturan tersebut. Jika tidak dipindahkan, maka semua hasil tangkapan foto/vidio bahkan file akan disimpan di penyimpanan yang disetel disana. Untuk mengaturnya, Sobat bisa langsung menuju Pengaturan - Penyimpanan (Storage) - Kemudian pilih Penyimpanan mana yang akan digunakan untuk menyimpan segala sesuatu.
  2. Sering bersihkan sampah aplikasi
    Sampah pada aplikasi (cache) itu berbeda-beda, berfungsi untuk menyimpan file sementara pada aplikasi tersebut. Sobat pernah menguninstall aplikasi ? disebelahnya pasti ada tombol Hapus cache/Clear Cache yakan ? nah sebenarnya kegiatan clear cache untuk menghapus file sementara yang ada dalam aplikasi, inget! bukan clear data loh! Nah dengan menghapus cache tersebut maka penyimpanan yang habis tersebut bisa agak sedikit melonggar. Ya walaupun tidak begitu banyak memakan memori tapi kegiatan ini juga cukup baik ko untuk membersihkan. Dan kalian juga bisa menggunakan aplikasi pembersih seperti FilesGo, ClearMaster, CleanIt dan masih banyak lagi aplikasi pembersih sampah dan file yang sudah tidak digunakan.
  3. Lakukan update system
    Sudah melakukan update system android belum ? biasanya android keluaran terbaru masih banyak terjadi Bug/Celah kerusakan pada systemnya, kebanyakan dari teman rifka setelah melakukan Update system, android sudah kembali bugar dengan penghapusan cache dan perbaikan pada masalah androidnya. Untuk melakukan update silahkan cek apakah ada update untuk system android sobat pada Pengaturan - Tentang Ponsel - Perbarui Perangkat Lunak/Update Software.
  4. Terakhir adalah Reset pabrik
    Dengan melakukan penghapusan secara pabrik kalian sudah tidak akan menemukan penyimpanan penuh, kenapa ? karena semua aplikasi bahkan penyimpanan akan dihapus secara permanen dari memori internal, dan keadaan handphone akan layaknya seperti baru dengan aplikasi bawaan saja.
Mungkin hanya itu saja yang dapat rifka sampaikan, untuk segala pertanyaan silahkan berkomentar, dan semoga cara mengatasi memori penuh padahal aplikasi sedikit ini dapat bermanfaat untuk kalian.

Berlangganan via email

Suka dengan artikel di atas? Biar selalu update, yuk berlangganan biar terus update.

0 Response to "Ruang Penyimpanan Hampir Habis ? Lakukan hal ini!"

Post a Comment

KLIK (x) Untuk Menutup

Welcome

On RifkaDroid

!Do With You Own Risk!

×
Back To Top